Rabu, 20 Januari 2016

09.09 - No comments

Apa itu Ngidol, JKT48 dan Wota?



Siang tadi, teman saya tiba tiba BBM. Dia bilang dia kalau dia lagi gelisah, dilema, atau bahasa kekiniannya galau. 
“Aku kangen, aku rindu, pake banget, sama dia, tapi dia lagi sibuk :’) , aku harus gimana, Man? Aku jadi ga bisa fokus ini” begitu katanya. 

Secara manusiawi dan pasaran, tentu balesnya gini,
 “Iya kamu sabar aja, cowok emang gitu, makanya aku ga suka cowok”
Wait, cari jawaban lain, kalau pribadi sendiri, jadi lebih fokus kalau sambil dengerin lagu. Nah, akhirnya teringat satu judul...
“ Coba kamu dengerin deh Setlistnya JKT48 yang Renai Kinshi Jourei”  Saat itu juga jiwa wotaku reborn.
“Hah? Renai Kinshi apa?”  Tanya temenku tiba tiba amnesia.
“Renai Kinshi Jourei, RKJ RKJ, cari aja di youtube” Balasku.
“ Hmm.. Oke deh. :3 ”
Setelah beberapa saat dia bbm lagi.
“Kenapa ya setelah aku denger itu rasanya lebih tenang trus kayak bahagia gitu *emot berkaca kaca* Ini magic ya? Mmmmm aaaaa” tulisnya.
“Gak tau, soalnya aku kalau sedih, atau lagi suntuk, dengerinnya itu, jadi seger lagi , hehe makanya aku recommend tadi”
“oke pokoknya makasiihh (0.0)”
“iya wotsssss”
“Wots?? Aku dulu wota?”
“banget”
....
 ....
.... 

Cerita di atas hanya pengantar pada pembahasan kali ini. Penerbitan percakapan di atas tentunya tanpa ijin yang bersangkutan. Jadinya nama dan tempat saya samarkan sedemikian apa adanya :s
Well, kali ini saya akan membahas, dunia peridolan dari sudut pandang saya. Bukan berarti saya wota ya. Saya tu ga wota, cuma pengamat yang ilmunya lebih banyak sedikit dari kalian, pahami itu. Wakaakak..  * ketawa jahat *

Oke, lanjut, apa itu aidel? Aidel, Idol, Aidoru, atau idol grup, adalah musisi yang perform secara keroyokan mmmm maksud saya, pokoknya yg nyanyi dan menari secara masal deh..

contoh Idol Grup
Idol grup, sebut saja begitu -jangan sebut girlband, nanti marah- pertama terbentuk di negara Jepang, namanya AKB48, agak kurang tahu infonya sih soalnya saya gak begitu ngidol AKB dan cabang lokalnya. Dan entah memang kebanyakan duit atau gimana, terbentuklah first overseas waralaba idol grup terbesar yaitu JKT48 pada akhir tahun 2011 –red :kalau tidak salah – pertama saya liat JKT48 itu ada di iklan minuman pengganti cairan tubuh yang hilang alias iklan infus. Waktu itu sih sensor KPI belum segalak sekarang, jadi lumayan lah :3
Pokoknya di pic ada ex member, sonya pandarmawan

Kalau klub sepak bola punya suporter, JKT48 juga punya suporter loh, nama resminya “Fans JKT48”, atau secara umum disebut WOTA.


Wota sendiri bisa dibagi bagi menjadi beberapa jenis, mulai dari yang high tier sampai low tier sekalipun. Yha, tanpa mereka JKT48 yang konon anggotanya sudah berjumlah 71 orang tak akan bertahan sampai sekarang. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu wota, mari kita bahas satu satu..

Wota Langit
Wota langit, skyman, wota suci, adalah wota yang identitasnya tidak banyak diketahui orang, secara anonim bergerak dan mendukung oshi nya dengan cara mereka sendiri.
lightstick bengkok

Skyman juga berperan sebagai intel, berbagai macam info penting juga sering didapatkan dari skyman. Konon, Skyman exist di level dunia yang berbeda dengan wota biasa. Walaupun terkenal di kalangan wota, skyman juga tidak pernah dinotice oleh oshinya. Kasian.

Wota Elite
Wota elite, wotajir, wotapro , adalah wota dengan kelebihan tertentu sehingga ngidol mereka pun lebih maksimal dan dikenal wota banyak. 
Contoh wota pro adalah wota dengan keahlian fotografi, sehingga punya banyak foto salkus member lol. 


Kemudian ada wotajir, money can buy happines r8?
totalitas tanpa batas
Kemudian ada lagi wota yang delusi nya tingkat tinggi namun dibekali skill pothosop dewa, ini Cuma modal photoshop bisa berasa foto 2shoot loh. 

Wota biasa
Yaudah wota biasa, lempeng aja hidupnya, ga perlu penjelasan khusus.

Wota Salah Paham
Tipe wota ini dapat dilihat saat JKT48 perform, mereka biasanya memakai kaos JKT48 dan membawa sekaligus mengibarkan bendera SLANK.

Wota Syariah/Wotalim
masyaallah...
Wota ini biasanya nonton JKT48 dengan menutupi kedua mata, mereka biasanya wudhu dulu sebelum masuk teather. Baca bismillah sebelum masuk, baca istighfar di dalam, saat keluar baca hamdalah.

Wota Layar Kaca
Tipe ini hanya bisa mengagumi dari jauh, hanya bisa ketemu oshi setahun sekali saat DS, itupun kalau ke kotanya. Kasian.

Wota Garis Keras
Wota ini wota low tier, hidup demi -salkus- oshi, dan konon katanya pada jaman dulu sering diadakan yang namanya “Battle Kawaii” yang jadi pemicunya adalah Wota Garis Keras. Disebut Garis Keras karena mereka terlalu dablek untuk dikasih tau kalo stella udah grad, cigul udah grad. Mereka selalu terjebak masa lalu. 


..............................................................


Jadi, apa hubungannya peristiwa di awal tulisan ini dengan penjelasan saya?

Ga ada

Intinya, teman saya itu pernah jadi wota, tiap hari playlistnya ngidol semua.

Tapi karena kesibukan, lama kelamaan feel untuk ngidol semakin berkurang hingga hampir hilang.

Setidaknya, saya telah menunjukkan kembali jalan lurus yang dulu pernah ditempuh. Walaupun masih seperti samar samar, saya yakin, berjuta tahun cahaya pun gak akan bisa menggerus jiwa seorang wota yang udah di-zero fill-

Well, sekian dulu tulisan saya kali ini, btw saya ga masuk kategori di atas kok, lha wong saya itu cuma pengamat :p kalau ada yang mau menambahkan , silahkan  ^^

-Rohman-

p/s : yang mau dengerin RKJ ini linknya : 
https://www.youtube.com/watch?v=IYAPKJ_cFQo

0 komentar:

Posting Komentar